Ternyata Seperti Ini Cara Mengelola Sampah Plastik Yang Paling Mudah

Saat ini yang namanya bahan plastik, mungkin sudah bisa dibilang sudah menjadi salah satu bagian penting bagi kehidupan manusia di muka bumi.

Kita lihat saja, hampir semua aspek kehidupan kita pasti akan selalu menggunakan plastik, mulai dari peralatan rumah, peralatan pekerjaan, peralatan makanan, minuman, peralatan industri, dll.

Ya, benda plastik memang sangat bagus digunakan karena ia memiliki sifat yang kuat, mudah dibentuk, mudah dihancurkan, dan bisa dibuat dalam bentuk sesuai keinginan.

Namun memang benda yang terbuat dari bahan plastik bisa sangat berbahaya ketika ia sudah menjadi sampah. Karena sifatnya yang sangat sulit untuk terurai oleh alam dan bisa mencemari lingkungan.

Nah berikut ini adalah beberapa cara untuk mendaur ulang plastik agar ia tidak mencemari lingkungan :

  1. Kenalilah jenis plastiknya

Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah mengenali jenis sampah plastik tersebut. Misalnya, kita akan mendaur jenis sampah plastik PETE ( Politilena terephthalate ).  Jenis plastik ini biasanya digunakan untuk botol minuman ringan, toples selain kacang, botol air mineral, minyak sayur, dll.

Untuk mendaur ulangnya, plastik ini bisa dibuat menjadi wadah minuman baru, furniture, karpet, dll.

  1. Carilah program daur ulang di tempat kamu

Nah agar sampah – sampah kita ini bisa sampai kepada tangan yang tepat, kita harus tau juga komunitas atau tempat pendaur ulang yang ada di kotamu. Saat ini bisa dibilang sudah banyak kota yang memiliki tempat pendaur ulangan sendiri. Namun jika kamu belum tau dimana , maka segera langsung kamu cari tau agar kamu tau ada fasilitas apa saja yang bisa kamu manfaat kan yang berhubungan dengan sampah.

  1. Gunakan tong sampah untuk menampung sampah plastik daur ulang

Untuk mempermudah para petugas untuk membawa barang plastik yang bisa didaur ulang. Usahakan di depan halaman rumah kita, kita sudah menempatkan tong sampah yang berisikan sampah plastik daur ulang, agar lebih mudah diambil petugas nantinya.

Hal ini tentu akan sangat bermanfaat dan lebih mempercepat kinerja para petugas kebersihan nantinya.

Nah itulah beberapa cara singkat bagaimana cara mengelola sampah plastik kita yang paling mudah. Usahakan sampah plastik yang bisa didaur ulang sudah kita pisahkan, agar petugas tidak perlu lagi melakukan pemilahan sampah yang kita buang kedalam tempat sampah organik dan anorganik.