Berwisata ke Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta atau Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat adalah Istana rumah Kasultanan Yogyakarta yang terdapat jantung kota Yogyakarta. Merapi, Tugu, Keraton serta Pantai Selatan ada pada sebuah garis lurus bila disaksikan dari satelit.

Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta merupakan salah satu tujuan wisata wajib ketika kamu melakukan perjalanan wisata di Jogja. Masih ada banyak lagi tempat – tempat wisata menarik di Jogja. Untuk mengunjunginya semua, kamu perlu adanya teman perjalan yang faham situasi dan kondisi. Untuk itu, kamu bisa menggunakan jasa Paket Tour Jogja dari Trip Jogja. Informasi lebih detail kamu bisa cek di https://tripjogja.co.id.

Walau Kasultanan Yogyakarata telah jadi sisi dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia, tetapi Keraton Yogyakarta masih tetap jadi rumah Sultan bersama Keluarga. Tradisi istiadat Jawa masih tetap dipegang erat oleh Kasultanan Yogyakarta, termasuk juga adat – adat yang berada di dalamnya.

Baca juga : Penyedia Travel Jakarta Bandung Antar Jemput

Dikit riwayat mengenai berdirinya Keraton Yogyakarta yakni saat tahun 1755 sesudah Kesepakatan Giyanti Sultan Hamengkubuwana I membangun Keraton Yogyakarta yang menurut narasi dahulunya ialah sisa satu pesanggarahan yang bernama Garjitawati. Lokasi Istana Keraton sendiri dahulunya bangunan terutamanya dari Gapura Gladhag di utara sampai di Plengkung Nirboyo yang terdapat di Selatan.

Beberapa bagian dari Istana Keraton sendiri dahulunya ialah seperti berikut: Gapura Gladag-Pangurakan (saat ini tidak ada), Alun-alun Utara serta Masjid Gedhe, Kompleks Pagelaran, Kompleks Siti Hinggil utara, Kompleks Kamandhungan Utara, Kompleks Sri Manganti, Kompleks Kedhaton, Kompleks Kamagangan, Kompleks Kamandhungan Selatan, Kompleks Siti Hinggil Selatan (saat ini dimaksud Sasana Hinggil) dan Alun-alun Selatan serta Plengkung Nirbaya yang saat ini biasa kita Plengkung Gadhing.

Walau lokasi Istana Keraton tidak seluas zaman dulu, tetapi bangunan penting Keraton masih berdiri istimewa dengan daya tarik magis tertentu bila kita mengunjunginya.

Kita bisa lihat koleksi Batik, tiruan pusaka Keraton, Gamelan, sampai beberapa pemberian dari Raja-raja Eropa. Arsitektur Istana Jawa yang indah dengan balairung-balairung elegan serta lapangan dan paviliun yang luas adalah keunggulan lain yang bisa kita nikmati saat ada di Keraton Yogyakarta.

Keraton Yogyakarta membuka dari jam 08:00 – 14:00 sehari-harinya terkecuali Jumat membuka jam 08.00 – 11.00. HTM Keraton ialah Rp 7.500 untuk pelancong lokal serta Rp 12.500 untuk pelancong asing.