Perbedaan Tugas Seorang Akunting dan Seorang Finance

Banyak orang yang salah menilai dari kedua profesi ini, ada juga yang mengatakan bahwa keduanya profesi yang sama, dikarena kan kedua profesi tersebut sering berada pada kantor atau divisi yang sama yaitu Financial atau Keuangan.

Ditambah lagi para karyawannya sebagian besar dan kebanyakan alumni akuntansi, tapi ada juga yang menyebut beda tapi tidak tahu pasti kebedaannya dari mana. Karena faktanya akuntansi atau seorang akunting memang jelas berbeda dengan profesi seorang finance atau keuangan.

Namun ternyata dibalik profesi tugas seorang Finance dan seorang Akunting ada juga persamaan dari kedua profesi tersebut. Yaitu kedua-duanya berada di dalam satu departemen atau divisi yaitu yang berhubungan dengan Keuangan atau Finance. gadai bpkb mobil
Dan juga secara umum pegawai dari akuntansi di dominasi oleh alumni dari jurusan akuntansi, sedangkan profesi finance 50-60% juga di dominasi oleh alumni akuntansi. memang sudah jelas bahwa profesi keuangan bersentuhan langsung dengan uang, tetapi akuntansi tidak bersentuhan dengan uang. Namun kedua profesi tersebut sama-sama mengurus keuangan dari perusahaan.

Balik lagi pada perbedaan tugas dari seorang Finance dan seorang Akuntansi. Lalu apa itu Finance atau Keuangan ? Finance fokus pada usaha untuk mencari dana (uang), melakukan pembayaran dan mengalokasikan, dan juga mengelola. Sederhananya semua proses mengeluarkan uang dan menerima uang merupakan tugas deskripsi dari bagian finance atau keuangan.

Baca juga : tempat gadai bpkb di bogor

Lalu bagaimana dengan akunting. Kalau bagian finance fokus terhadap mengeluarkan uang dan menerima uang maka bagian akuntansi yang dimana bertugas mencatat transaksi-transaksi tersebut.
Profesi seorang Finance: Pada prinsipnya merekalah yang memegang uang, dan dia juga punya otorisasi untuk menerima dan mengeluarkan uang, baik itu hanya uang kas, atau uang-uang yang ada di bank, deposito, maupun investasi keuangan lainnya. Selain itu, profesi seorang finance juga harus bisa mengatur kebutuhan dari uang kas perusahaan.

Profesi seorang Akuntansi atau Akunting: Tugas kewajibannya adalah periksa, catat, dan lapor. Mereka mencatat keluar masuknya uang yang berhubungan dengan kantor. Dan setelah di catat harus di otorisasi juga oleh departemen terkait.